Selamat Datang

Selamat datang di blog perdana kami, kami senantiasa berusaha untuk memberikan informasi yang bermanfaat tentang pengecatan kepada semua customer kami terutama yang bergerak di bidang konstruksi, jasa pengecatan, arsitek, desain interior ataupun yang lainnya.

Segala bentuk pertanyaan, saran dan testimonial dapat diberikan langsung pada comment yang ada di masing masing posting.

Sekian dan terima kasih

PT. Propan Raya ICC - Bali Project Division
Rukan Niti Mandala 12A-12B
Jl. Raya Puputan, Renon
Denpasar
Tlp : 0361 - 245194, ext : 20
Fax : 0361 - 245729
denpasar.project@propanraya.com


Sunday, July 13, 2008

Pilihan Tepat untuk Exterior Wood Finishing System

Letak geografis Bali yang terletak pada daerah tropis menyebabkan kelembaban udara cukup tinggi. Tingginya kelembaban udara ini dapat menyebabkan perubahan muai dan susut kayu menjadi cepat. Akibatnya cat yang akan dipakai untui melindungi kayu tersebut harus tahan mengikuti muai dan susut kayu sehingga bertahan lama.



Untuk mendapatkan sistim pengecatan / politur yang tepat pada kayu yang dipakai di luar ruangan hendaknya memperhatikan beberapa hal :


  1. Kayu yang dipakai sebaiknya sudah cukup tua atau sudah cukup umur dan kadar airnya (Moisture of Content maksimal 12%). Hal ini berpengaruh kepada kestalbilan dimensi kayu serta kekerasan kayu. kayu yang keras dan kering tentunya mempunyai sifat yang lebih stabil dibandingkan kayu muda dan basah. Disamping itu kayu yang masih basah kurang baik menyerap cat / politur sehingga cepat rusak.

  2. Cat / politur hendaknya mempunyai sifat deep penetrating sehingga dapat menjadi akar yang kokoh bagi cat / politur yang melapisi kayu.

  3. Cat / politur juga harus mempunyai sifat yang flexible sehingga dapat mengikuti muai dan susut kayu.

  4. Cat / politur harus mempunyai sifat water repellent sehingga air tidak dapat masuk ke dalam pori pori kayu.

  5. Cat / politur harus mempunyai sifat permeable sehingga kayu masih dapat bernafas dan melepaskan air yang terdapat di dalamnya.

  6. Cat / politur juga harus mempunyai sifat UV absorber atau UV bloker sehingga sinar Ultra Violet tidak sampai merusak kayu.

  7. Cat / politur sebaiknya mempunyai warnya yang masih dapat mempertahankan keindahan serat kayu, namun jika kayu yang dipakai di proyek beraneka ragam dapat memakai cat / politur yang berwarna solid sehingga dapat menutupi perbedaan warna dan serat kayu tersebut.

Untuk memenuhi semua persyaratan diatas, PT Propan Raya ICC telah mengembangkan "A Deep Penetrating Finishing System" for Exterior Wood Coating. Produk ini kami beri nama Ultran Lasur.


Ultran Lasur sendiri terdiri dari dua varian yaitu :



  1. Exterior Deck Lasur EDL - 601 yang khusus dipakai untuk sistem finishing lantai kayu, misalnya pool deck, terrace deck, jembatan kayu dan lain lain.

  2. Exterior Lasur EL - 501 yang khusus dipakai untuk komponen bangunan yang terbuat dari kayu, misalnya wooden railling, pergola, gazebo (bali bengong), lisplang. pool chair, garden furniture dan lain lain.

Cara aplikasi standar yang kami sarankan adalah sebagai berikut :



  1. Amplas kayu searah urat kayu dengan kertas amplas No. 180.

  2. Untuk lapisan pertama kuaskan Ultan Lasur yang telah diencerkan dengan thinner lasur sebanyak 30 - 50 % agar Ultran Lasur dapat terserap dengan baik oleh kayu. Biarkan kering kemudian amplas ambang dengan kertas amplas No. 360 - 400.

  3. Kuaskan Ultran Lasur dan biarkan kering. Kemudian amplas ambang dengan kertas amplas No. 360 - 400. Lakukan tahap ini sebanyak dua kali.

  4. Kuaskan Ultran Lasur satu kali lapis dengan kuas yang telah dibungkus kain untuk mendapatkan hasil finishing yang halus.

  5. Jangan lupa kalau hasilnya memuaskan, mohon direkomendasikan kepada teman teman yang lainnya. :-)

Tahapan ini adalah tahapan standar untuk kayu yang masih belum teraplikasi cat atau politur. Apabila Ibu atau Bapak akan merefinish ulang dapat langsung berkonsultasi dengan tim proyek sehingga hasil yang didapat maksimal.


Bagi rekan rekan yang sudah pernah atau akan menggunakan produk ini kami mohon untuk memberikan pendapat atau pertanyaan pada box comment dibawah ini.


Salam



Bali Project Division

No comments: